Selasa, 27 Mei 2008

Komitmen Muslim Sejati 2

Tatkala memasuki usia dewasa, tanpa melalui proses yang berliku, kita tiba-tiba telah mendapati diri kita seorang Muslim. Orang tua, suasana rumah, dan lingkungan sekitar, telah membawa kita kepada suasana batin yang penuh iman dan larut dalam tradisi ubudiah. Ini patut disyukuri. Hanya saja, jika potensi keimanan dasar ini tidak dikembangkan dengan wawasan pengetahuan ke-Islamanan lebih lanjut, keimanan kita menjadi stagnan dan pasif.
Dan fenomena ini banyak dijumpai di tengah komunitas umat Islam. Padahal, ajaran Islam diturunkan oleh Allah untuk ditegakkan di muka bumi. Ia tidak hanya berisi tuntunan individu manusia dalam menjalin hubungan dengan Tuhannya dalam aktivitas ibadah ritual, namun juga berisi sistem kehidupan untuk menjadi panduan bagi seluruh umat manusia dalam menata kehidupan.
Untuk misi yang demikian ini, dan sebagai sebuah nilai yang harus diperjuangkan, Islam memerlukan komitmen penuh dari para pemeluknya. Komitmen dalam memegang prinsip keyakinan, komitmen dalam memegang teguh nilai, dan komitmen dalam memperjuangkannya. Buku ini, dalam bentuknya yang relatif kecil, hadir dengan fokus pembicaraan tuntas tentang arti berkomitmen kepada Islam, agar setiap Muslim mengetahui apa makna sesungguhnya dari penisbatan dirinya kepada Islam, agama Allah yang suci ini.

BUKU berjudul Komitmen Muslim Sejati karya Fathi Yakan ini terbagi dalam dua bagian. Bagian pertama memaparkan karakteristik yang harus dimiliki oleh seorang muslim sehingga ia benar-benar menjadi muslim sejati. Sedangkan bagian kedua memapatkan tentang kewajiban memperjuangkan Islam dan berafiliasi kepada pergerakan Islam.

PADA BAGIAN PERTAMA, sang penulis menggugah pengakuan keislaman kita. Ia menulis seperti ini:

”Pengakuan sebagai muslim bukanlah klaim terhadap pewarisan, bukan klaim terhadap suatu identitas, juga bukan klaim terhadap suatu penampilan lahir, melainkan pengakuan untuk menjadi penganut Islam, berkomitmen kepada Islam, dan beradaptasi dengan Islam dalam setiap aspek kehidupan.” (hal.15)

Sebagai muslim, kita harus sadari bahwa iman bukanlah warisan yang kita dapatkan dari orang tua kita. Ataukah dari faktor lingkungan dimana kita berada. Tapi keimanan adalah kesadaran terdalam diri kita atas penciptaan kita dan kewajiban untuk menjadi abdi, hamba kepada Dia, ALLAH yang menciptakan kita.

Menurut penulis buku ini, karakteristik yang harus kita miliki untuk menjadi muslim sejati adalah sebagai berikut:

Pertama, SAYA HARUS MENGISLAMKAN AKIDAH SAYA

Konsekuensi dari hal ini, maka kita harus:

1.Meyakini bahwa ALLAH Maha Pencipta, Maha Tahu, Maha Kuat, dan harus disembah
2.Meyakini bahwa ALLAH menciptakan alam semesta ini tidaklah secara sia-sia
3.Meyakini bahwa ALLAH mengutus para rasul dan menurunkan kitab-kitab untuk mengenalkan manusia kepada pengetahuan tentang Dia, tujuan penciptaan mereka, awal kejadian, dan tempat kembali nanti
4.Meyakini bahwa tujuan keberadaan manusia adalah untuk mengenal ALLAH
5.Meyakini bahwa balasan bagi orang mukmin yang taat adalah surga, sedangkan yang kafir adalah neraka
6.Meyakini bahwa manusia melaksanakan kebajikan dan kejahatan dengan ikhtiar dan kehendaknya, akan tetapi ia tidak bisa melaksanakan kebaikan kecuali dengan taufik dan pertolongan ALLAH
7.Meyakini bahwa menetapkan syariat merupakan hak ALLAH yang tidak boleh dilanggar
8.Mengetahui nama-nama dan sifat-sifat ALLAH yang selaras dengan keangungan-Nya
9.Bertafakkur mengenai ciptaan ALLAH, bukan mengenai dzat-Nya
10.Meyakini bahwa pendapat para salaf lebih utama untuk diikuti, khususnya dalam persoalan takwil dan ta’thil serta menyerahkan pengetahuan mengenai makna-makna ini kepada ALLAH
11.Menyembah ALLAH tanpa menyekutukan-Nya dengan sesuatu apapun
12.Takut kepada-Nya dan tidak takut kepada selain-Nya
13.Mengingat-Nya dan senantiasa mengingat-Nya.

Doktor Brill, seorang ilmuwan barat mengatakan, “Seorang agamis sejati tidak akan pernah menderita sakit jiwa.”

Dale Carnegie mengatakan, ”Para dokter jiwa mengetahui bahwa keimanan yang kuat dan keteguhan memegang ajaran agama memberikan jaminan untuk mengatasi kerisauan dan kegelisahan serta menyembuhkan berbagai macam penyakit.”

14.Mencintai ALLAH dengan kecintaan yang menjadikan hati senantiasa merindukan keagungan-Nya
15.Bertawakkal kepada ALLAH dalam segala keadaan dan menggantungkan diri kepada–Nya dalam segala urusan
16.Bersyukur kepada-Nya atas segala nikmat-Nya yang tak terhitung
17.Beristigfar memohon ampunan-Nya
18.Senantiasa menyadari pengawasan ALLAH dalam keadaan sendiri maupun di tengah-tengah manusia

Kedua, SAYA HARUS MENGISLAMKAN IBADAH SAYA

Dalam Adz-Dzariyat ayat 56, ALLAH berfirman, ”Dan tidaklah Aku ciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka menyembah-Ku.”

Konsekuensi dalam point kedua ini maka kita harus :

1.Beribadah dengan khusyuk sehingga bisa menghayati kehangatan komunikasi dengan ALLAH
2.Sepenuh hati dalam beribadah
3.Tamak dari beribadah, tidak pernah merasa puas
4.Memiliki keinginan besar untuk melaksanakan qiyamullail (shalat malam). Firman ALLAH dalam Al-Muzammil 6, ”Sesungguhnya bangun di waktu malam adalah lebih tepat (untuk khusyuk) dan bacaan di waktu itu lebih berkesan.”
5.Menyediakan waktu untuk membaca dan merenungkan firman ALLAH dalam Al-Qur’an. Rasulullah bersabda, “Seutama-utama ibadah umatku adalah membaca AL-Qur’an.” (HR.Abu Na’im, dalam Fadhailul Qur’an)
6.Doa harus menjadi tanggaku dalam memohon kepada ALLAH dalam setiap keadaan.

Firman ALLAH, “…Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Ku-perkenan-kan bagimu.”

Ketiga, SAYA HARUS MENGISLAMKAN AKHLAK SAYA

Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan Ahmad, Rasululllah bersabda, ”Sesungguhnya Aku diutus oleh ALLAH untuk menyempurnakan akhlak yang mulia.”

Suatu waktu, seperti yang diriwayatkan Ahmad, Rasulullah ditanya, ”Apakah agama itu?”
Beliau menjawab, ”Akhlak yang baik.”
Kemudian beliau ditanya tentang kesialan. Beliau menjawab, “Akhlak yang buruk.”

Diantara sifat yang seyogianya terdapat pada seorang muslim sejati adalah:
1.Bersikap wara’ (hati-hati) terhadap syubhat
2.Menahan pandangan (ghadul bashar)
3.Menjaga lidah
4.Malu (haya’)
5.Pemaaf dan sabar
6.Jujur
7.Rendah hati
8.Menjauhi prasangka, ghibah, dan mencari cela sesama muslim
9.Dermawan dan pemurah
10.Menjadi teladan yang baik

Keempat, SAYA HARUS MENGISLAMKAN KELUARGA DAN RUMAH TANGGA SAYA

Dalam At-Tahrim ayat 6, ALLAH berfirman, ”Hai orang-orang yang beriman, peliharah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu; penjaganya malaikat-malaikat yang kasar, yang keras, yang tidak mendurhakai ALLAH terhadap apa yang diperintahkan-Nya kepada mereka dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan.”

Beberapa hal yang ditekankan dalam bagian ini adalah:

1.Tanggungjawab pernikahan

-Pernikahan harus dilaksanakn semata-mata karena ALLAH
-Hendaklah salah satu tujuan pernikahanku adalah menahan pandangan, memelihara kemaluan, dan bertakwa kepada ALLAH
-Memilih istri dengan sebaik-baiknya. Rasulullah bersabda, “Hendaklah kalian memilih untuk nutfah kalian, karena gen itu dapat menurun (niza’).”
-Memilih wanita yang berakhlak dan beragama
-Berhati-hati jangan sampai melanggar perintah ALLAH dalam pernikahan

2.Tanggungjawab pasca pernikahan

-Bersikap baik dan menghargai istri agar tumbuh kepercayaan antara satu dan lainnya. Rasulullah bersabda, ”Sebaik-baik kamu adalah yang terbaik kepada istrinya, dan aku adalah yang terbaik di antara kalian terhadap istriku.” (HR.Ibnu Majah dan Hakim)
-Jangan sampai hubungan dengan istri hanya sebatas ranjang dan nafsu. Lebih penting lagi adalah kesesuaian dalam pemikiran, spiritual dan emosi. ALLAH berfirman dalam Thaha ayat 132, “Dan perintahkanlah kepada keluargamu mendirikan shalat dan bersabarlah kamu dalam mengerjakannya.”
-Hubungan dengan istri dengan tuntunan syara’. Rasul bersabda, “Tidaklah seseorang menuruti istrinya dalam hal yang diinginkan nafsunya, kecuali ALLAH pasti menelungkupkan wajahnya di neraka.” Dalam kesempatan lain, beliau berkata, “Sungguh celaka budak istri.”

3.Tanggungjawab bersama dalam mendidik anak

Pada hakikatnya, buah yang diharapkan dari terbentuknya rumah tangga muslim adalah memunculkan keturunan yang shaleh.

Dalam Al-Furqan, ayat 74, ALLAH berfirman, “Ya Rabb kami, anugerahkanlah kepada kami istri kami dan keturunan kami sebagai penyenang hati (kami), dan jadikanlah kami imam bagi orang-orang yang bertakwa.”

Rasulullah bersabda, “Tiap anak dilahirkan dalam keadaan fitrah, maka kedua orang tuanyalah yang menjadikannya Yahudi, Nasrani atau Majusi.” (HR. Muttafaq ilaih)

Selain itu, Rasul juga berkata, ”Tidaklah seorang ayah memberi kepada anaknya suatu pemberian yang lebih utama daripada adab yang baik.” (HR. Tirmidzi)

Kelima, SAYA HARUS MENGALAHKAN NAFSU SAYA

ALLAH berfirman, ”Dan demi jiwa serta penyempurnaannya (ciptaannya), maka ALLAH mengilhamkan kepada jiwa itu (jalan) kefasikan dan ketakwaannya. Sesungguhnya, beruntunglah orang yang menyucikan jiwa itu. Dan sesungguhnya merugilah orang yang mengotorinya.” (Asy-Syams: 7-10)

Beberapa hal yang dibahas dalam point kelima ini adalah:

1.Sifat-Sifat Manusia

Dalam pergulatan melawan hawa nafsu, manusia terbagi menjadi beberapa tipe:

-Yang dikalahkan oleh nafsu mereka. Mereka cenderungan pada kehidupan dunia. Mereka adalah orang-orang kafir yang melupakan ALLAH.
-Yang bersungguh-sungguh memerangi nafsunya. Terkadang menang, terkadang kalah. Mereka berbuat kesalahan, tetapi kemudian bertaubat.

ALLAH berfirman, ”Dan (juga) orang-orang yang apabila mengerjakan perbuatan keji atau menganiaya diri sendiri, mereka ingat akan ALLAH, lalu memohon ampun terhadap dosa-dosa mereka dan siapa lagi yang dapat mengampuni dosa selain ALLAH? Dan merekatidak meneruskan perbuatan kejinya itu, sedang mereka mengetahui.” (Ali-Imran:135)

Rasulullah bersabda, ”Setiap anak Adam banyak melakukan kesalahan, dan sebaik-baik orang yang banyak melakukan kesalahan adalah orang-orang yang banyak bertaubat.” (HR.Ahmad dan Tirmidzi)

Relevan dengan hadits ini, ada sebuah riwayat dari Wahab bin Munabih. Ia berkata, “Sesungguhnya Iblis pernah berjumpa dengan Yahya bin Zakaria. Lalu, Yahya bin Zakaria berkata kepadanya, “Beritahulah aku tentang karakter anak Adam dalam pandangan kalian!”

Iblis menjawab, “Segolongan dari mereka adalah orang-orang sepertimu yang maksum. Kami sama sekali tidak mampu berbuat apa-apa untuk menggoda mereka. Golongan kedua adalah orang-orang yang di tangan kami ibarat sebuah bola yang ada di tangan anak-anak kalian. Keadaan diri mereka sendiri telah memberi peluang bagi kami, sehingga kami tidak perlu bersusah-susah menggoda mereka. Dan golongan ketiga adalah orang-orang yang paling menyulitkan kami. Kami selalu mendatangi mereka, tetapi setelah kami memperoleh apa yang kami hajatkan darinya, lantas ia tiba-tiba beristigfar memohon ampun sehingga istigfar itu merusak apa yang telah kami peroleh darinya. Jadi, kami tidak pernah putus asa menggodanya, tetapi kami juga tidak pernah mendapatkan apa yang kami perlukan darinya.”

2.Perangkat-Perangkat untuk Memenangkan Pertarungan Melawan Hawa Nafsu

-Hati. Ali bin Abi Thalib berkata, ”Sesungguhnya ALLAH memiliki bejana di bumi-Nya, yaitu hati. Maka, hati yang paling dicintainya adalah hati yang paling lembut, jernih dan kukuh.”
-Akal. Rasulullah bersabda, “Barangsiapa dikehendaki baik oleh ALLAH, niscaya Ia memahamkannya mengenai agama.” (HR.Muslim)

3.Indikasi-Indikasi Kekalahan Akhlak

Fathi Yakan menulis, ”Sesungguhnya, ketika hati mati atau mengeras, ketika akalnya padam atau menyimpang, dan ia kalah dalam peperangannya melawan setan, ketika itu banyak pintu kejahatan di dalam dirinya sendiri dan setan mengalir di dalam diri anak Adam sebagaimana aliran darah.” (hal.72)

4.Sarana-sarana untuk membentengi diri dari masuknya setan

Setan mendatangi manusia dari 10 pintu:

Pertama, ambisi dan buruk sangka
Kedua, kecintaan terhadap dunia dan panjang angan-angan
Ketiga, keinginan untuk santai dan bersenang-senang
Keempat, bangga diri
Kelima, meremehkan dan kurang menghargai orang lain
Keenam, dengki
Ketujuh, riya’
Kedelapan, kikir
Kesembilan, sombong
Kesepuluh, tamak

Keenam, SAYA HARUS YAKIN BAHWA MASA DEPAN ADALAH MILIK ISLAM

Keyakinan ini didorong oleh beberapa faktor:

1.Rabbaniyyah Manhaj Islam
2.Universalitas Manhaj Islam
3.Elastisitas Manhaj Islam
4.Kelengkapan Manhaj Islam
5.Keterbatasan sistem-sistem “wadh’iyyah”

PADA BAGIAN KEDUA, penulis menjelaskan tentang afiliasi terhadap gerakan Islam. Ia menulis sebagai berikut, ”Dasar untuk mengaku sebagai aktivis pergerakan Islam adalah hendaknya pada diri seseorang telah terwujud semua sifat dan karakteristik pengakuannya sebagai Muslim. Inilah yang menjadikan pergerakan Islam memberikan perhatian terhadap kaderisasi, agar muncul individu Muslim yang benar keislamannya, sebelum menyiapkannya sebagai aktivis pergerakan.” (hal.83)

Karakteristik yang harus dimiliki oleh setiap Muslim agar pengakuan keislamannya benar, sebagai berikut:

Pertama, SAYA HARUS HIDUP UNTUK ISLAM

Manusia terbagi menjadi tiga golongan:

1.Golongan yang hidup untuk dunia. Kaum materialis. Oleh Al-Qur’an, mereka disebut sebagai “dahriyin”.

Lenin, salah seorang tokoh Komunis Rusia, pernah mengomentari pendapat seorang filosof seperti ini, “Sesungguhnya, alam semesta ini tidak prenah diciptakan oleh Tuhan atau manusia. Ia telah ada sejak semula dan akan tetap ada. Ia akan menjadi obor yang hidup abadi, ia akan hidup dan padam mengikuti hukum-hukum tertentu.”

2. Golongan yang tercampakkan di antara dunia dan akhirat. Mereka menjalankan agama secara ritual, formalitas belaka. Akan tetapi keyakinannya goyah.
3.Golongan yang menganggap dunia sebagai lahan bagi kehidupan akhirat.

”Dan tiadalah kehidupan dunia ini, selain dari main-main dan senda gurau belaka. Dan sungguh kampung akhirat itu lebih baik bagi orang-orang yang bertakwa. Maka tidakkah kamu memahaminya?” (Al-An’am: 32)

Bagaimana saya hidup untuk Islam?

1.Mengetahui tujuan hidup
2.Mengetahui nilai-nilai dunia dibandingkan dengan akhirat
“Dunia adalah penjara orang mukmin dan surga orang kafir” (HR.Muslim)
3.Menyadari bahwa kematian pasti datang dan mengambil pelajaran darinya
”Kubur adalah satu taman diantara taman-taman surga atau satu parit di antara parit-parit neraka.” (HR.Thabrani)
4.Mengetahui hakikat Islam
5.Mengetahui hakikat jahiliyah
Rasulullah berkata, ”Barangsiapa mempelajari bahasa suatu kaum, maka ia akan aman dari tipu daya mereka.”

Kedua, SAYA HARUS MEYAKINI KEWAJIBAN MEMPERJUANGKAN ISLAM

Memperjuangkan Islam adalah wajib. Hal ini bisa dilihat dari beberapa sudut pandang:

1.Kewajibannya sebagai prinsip
2.Kewajibannya sebagai hukum
3.Kewajiban menegakkan Islam sebagai kebutuhan darurat
4.Kewajiban secara individu dan kolektif
5.Barangsiapa berjihad, sesungguhnya ia berjihad untuk dirinya sendiri

Ketiga, PERGERAKAN ISLAM; MISI, KARAKTERISTIK, DAN PERLENGKAPANNYA

1.Misi Pergerakan Islam. Tegaknya agama ALLAH di muka bumi.
2.Karakteristik dasar pergerakan Islam:
-Rabbaniyyah (Ketuhanan)
-Pergerakan independen
-Pergerakan progressif
-Pergerakan komprehensif
-Menjauhi Perselisihan fiqih
3.Spesifikasi Gerakan Islam
-Jauh dari kekuasaan para penguasa dan politikus, walau di antara anggotanya ada yang menjadi penguasa dan politikus
-Memiliki tahapan dalam dakwahnya. Imam Hasan Al-Banna, dalam Risalah Ta’alim, menjelaskan bahwa dakwah ini memiliki tiga tahapan: ta’rif (pengenalan), takwin (pembentukan), dan tanfidz (pelaksanaan).

Tahapan Menyebarkan fikrah umum kepada masyarakat, sarananya adalahTa’rif pengajian dan bimbingan, pendirian lembaga-lembaga yang bermanfaat, serta sarana-sarana operasional lainnya.

Tahapan Takwin Menyaring unsur-unsur yang baik untuk memikul beban-bedan jihad dan membentuk sinergi satu sama lain. Aturan dakwah dalam tahapan ini adalah sufi murni dilihat dari aspek spiritual dan militer murni dilihat dari aspek operasional. Pada tahapan ini tidak ada yang berhubungan dengan dakwah selain orang yang memiliki kesiapan sejati untuk memikul beban-beban jihad yang panjang dan banyak tanggungjawab. Tanda-tanda pertama kesiapan adalah ketaatan yang penuh.

Tahapan Dakwah pada tahapan ini berupa jihad tanpa kompromi,Tanfidz aktivitas berkesinambungan dalam rangka mencapai tujuan, serta ujian dan cobaan yang tidak mungkin mampu bersabar menghadapinya selain orang-orang yang tulus. Tidak ada yang menjamin kesuksesan dalam periode ini selain ketaatan yang penuh pula.

-Mengutamakan aktivitas dan produktivitas ketimbang klaim dan propaganda
-Mengatur napas yang panjang
-Nyata dalam aktivitas, rahasia dalam organisasi
-Uzlah kejiwaan, bukan fisik
-Tujuan tidak menghalalkan segala cara

4.Perlengkapan Pergerakan Islam
-Memiliki keimanan yang kuat
-Meyakini jalan yang mereka tempuh, keistimewaan dan kebaikannya
-Meyakini persaudaraan serta hak-hak dan kesakralannya
-Meyakini agung dan besarnya pahala
-Meyakini akan diri sendiri


Keempat, SAYA HARUS MENGETAHUI JALAN PERJUANGAN ISLAM

Imam Syahid Hasan Al-Banna, dalam Majmu’atur Rasail , melukiskan potret pejuang Islam sebagai berikut:

”Wahai para ikhwan, kalian bukanlah organisasi sosial, bukan partai politik, bukan pula organisasi domestik yang memiliki keterbatasan tujuan. Tetapi kalian adalah ruh baru yang mengalir di dalam hati sanubari umat ini, kemudian dihidupkan oleh ALLAH dengan cahaya Al-Quran. Kalian adalah cahaya baru yang bersinar terang, yang akan memorak-porandakan kegelapan hidup hedonistis dengan makrifatullah. Ketahuilah, kalian adalah suara yang bergaung keras dengan menggemakan seruan Rasulullah Saw.”

Kelima, SAYA HARUS MENGETAHUI DIMENSI AFILIASI SAYA KEPADA PERGERAKAN ISLAM

1.Afiliasi dalam akidah
2.Afiliasi dalam tujuan

Keenam, SAYA HARUS MENGETAHUI POROS-POROS PERJUANGAN ISLAM

Tiga Poros Perjuangan Islam :

1.Kejelasan tujuan
2.Kejelasan jalan
3.Komitmen terhadap jalan Rasul Saw.

Posisi Rasulullah berkata, ”MukminKekuatan Fisik dalam Strategi Pergerakan yang kuat itu lebih dicintai ALLAH daripada mukmin yang lemah.” (HR.Muslim)

Ketujuh, SAYA HARUS MENGETAHUI PERSYARATAN BAIAT DAN KEANGGOTAAN

Beberapa hal yang perlu diperhatikan adalah:

1.Kualitas bukan kuantitas
2.Baiat dan hukumnya
3.Ketaatan dan hukumnya
4.Rukun-Rukun baiat
5.Kewajiban-Kewajiban Akhi Muslim

Komitmen Muslim Sejati 1

Buku ini terbagi atas dua bagian. Bagian pertama memaparkan karakteristik yang harus dimiliki oleh seorang muslim, sehingga ia bisa benar-benar menjadi muslim. Bagian ini menjelaskan syarat-syarat yang harus dipenuhi oleh siapa saja yang menyatakan diri sebagai pemeluk Islam. Bagian pertama ini bertujuan menjawab semua pertanyaan dan menjelaskan apa tuntutan yang dikehendaki Islam dari setiap muslim agar pengakuannya sebagai muslim benar dan sunguh-sungguh. Adapun bagian kedua buku ini menjelaskan kewajiban memperjuangkan Islam dan berafiliasi kepada pergerakan Islam.

BAB PERTAMA
Saya Harus Mengislamkan Aqidah Saya
1. Syarat pertama dalam berkomitmen dan menisbahkan diri kepada Islam adalah : Aqidah seorang muslim harus lurus, jelas, dan benar, sesuai tuntunan Al-Qur’an dan Sunnah Rasulullah saw.
Seorang muslim tanpa aqidah yang benar tentunya tidak akan mampu membina dan merasakan komitmen terhadap Islam, karena aqidah yang tidak bersih akan tercemari oleh hal-hal yang melemahkan iman, iman yang lemah akan mempengaruhi segala aktivitas seorang muslim dalam hidupnya.
Oleh karena itu, agar saya dapat mengislamkan aqidah saya, maka wajib bagi saya untuk :
Mengimani bahwa pencipta alam semesta ini adalah Ilah yang Maha Bijaksana, Maha kuasa, Maha mengetahui, dan Maha Berdiri Sendiri. (Q.S. Al-Anbiya’ : 22)
2. Mengimani bahwa Al-Kholiq menciptakan alam semesta ini tidaklah sia-sia, karena Allah (SWT) adalah Dzat yang Maha sempurna. (Q.S. Al-Mu’minun : 115-116)
3. Mengimani bahwa Allah (SWT) swt telah mengutus para Rasul dan menurunkan kitab-kitab untuk memperkenalkan Dzat-Nya kepada manusia, tujuan penciptaan, asal dan tempat kembali manusia. (Q.S. An-Nahl : 36)
4. Mengimani bahwa tujuan diciptakannya manusia adalah untuk mengenal dan mengabdi pada Allah (SWT) swt. (Q.S. Adz-Dzariyat : 56-5
5. Mengimani bahwa balasan bagi mu’min yang taat adalah jannah dan orang kafir adalah neraka. (Q.S. Asy-Syura : 7)
6. Mengimani bahwa manusia melakukan kebaikan maupun keburukan atas pilihan dan kehendaknya sendiri. Tapi untuk kebaikan juga dipengaruhi oleh Taufiq dari Allah (SWT) dan keburukan tidak ada paksaan dari Allah (SWT). (Q.S. Asy-Syams : 7-10, Al-Mudatsir : 3
7. Mengimani bahwa pembuat hukum hanyalah hak Allah (SWT) yang tidak boleh dilangkahi, dan seorang muslim boleh berijtihad yang disyari’atkan oleh Allah (SWT). (Q.S. Asy-Syura : 10)
8. Mengetahui nama-nama dan sifat-sifat Allah (SWT). Dari Abu Hurairah ra : telah bersabda Rasulullah saw : “Sesungguhnya Allah (SWT) memiliki sembilan puluh sembilan nama, tidak seorangpun menghafalnya melainkan ia pasti masuk surga. Dan Dia (Allah (SWT)) itu witir dan mencintai yang witir.”(Bukhari dan Muslim)
9. Merenungkan ciptaan Allah (SWT) dan bukan Dzatnya. “Berfikirlah tentang ciptaan Allah (SWT) dan janganlah kalian berfikir tentang DzatNya, karena kalian tidak akan mampu menjangkauNya.”(Abu Nu’am dalam Al-Hilyah, dan Al-Asbahany dalam At-Targhib wa Tarhib)
10. Meyakini bahwa pendapat salaf lebih utama diikuti untuk menutup peluang ta’wil dan ta’thil (tidak memberlakukan makna dari sebuah lafadz) serta menyerahkan makna hakiki dari nama dan sifat Allah (SWT) itu hanya kepada-Nya. Ta’wil itu tidak boleh mengundang perdebatab yang berkepanjangan
11. Mengabdi kepada Allah (SWT) dengan tidak menyekutukanNya. (Q.S. An-Nahl : 36)
12. Merasa takut olehNya dan tidak merasa takut oleh selainNya. (Q.S. An-Nur : 52)
13. Berdzikir kepadaNya secara kontiniu. Dzikir pada Allah (SWT) merupakan obat spiritual yang ampuh dalam menghadapi tantangan zaman dan segala bencana yang menimpa kehidupan. (Q.S. Ar-Ra’d : 28, Az-Zukhruf : 36-37)
14. Mencintai Allah (SWT) sampai hati saya dikuasai olehNya dan terkait erat denganNya sehinggan mendorong saya untuk lebih baik dan rela berkorban di jalanNya. (Q.S. At-Taubah : 24)
15. Bertawakkal kepada Allah (SWT) dalam segala urusan saya. (Q.S. At-Thalaq : 3)
16. Bersyukur kepada Allah (SWT) atas nikmatNya yang tak terhitung. (Q.S. An-Nahl : 78, Yasin : 33-35, Ibrahim : 7)
17. Beristighfar kepadaNya secara kontiniu (dawam), karena dapat memperbaharui taubat, iman, dan menghapus dosa. (Q.S. An-Nisa’ :110, Ali-Imran : 135)
18. Menyadari bahwa diri saya selalu diawasi olehNya kapan saja dan di mana saja berada. (Q.S. Al-Mujadilah : 7)
Dari 18 hal yang wajib kita lakukan, yang paling utama adalah bagaimana semua hal tersebut mampu memperkuat komitmen kita terhadap Allah (SWT), Islam, dan hal-hal yang berkaitan dengannya sehingga akan membentuk karakter muslim yang berkomitmen tinggi sehingga apa saja yang menyangkut kebenaran dan kebaikan dapat dilaksanakan dan dipertanggungjawabkan sebaik-baiknya di dunia dan akhirat. Dan menjauhi segala perbuatan yang dapat menjerumuskan kita kepada hal-hal yang dapat membatalkan syahadatain kita seperti syirik, mendatangi dukun, atau percaya pada hal-hal tidak syar’i

Tujuan utama kita adalah Allah (SWT), maka mari kita luruskan niat dan perbaiki amal dan aktivitas kita hanya untuk Allah (SWT).

Saya Harus Mengislamkan Ibadah Saya
Di dalam islam ibadah merupakan puncak ketundukan dan pengakuan atas keagungan Allah (SWT). Ibadah merupakan tangga penghubung antara Al-Khaliq dengan makhlukNya. Ibadah yang kita lakukan haruslah dihadirkan hanya untuk Allah (SWT) karena kita adalah hamba yang harus selalu menghambakan diri kepada Allah (SWT). Agar saya dapat mengislamkan ibadah saya maka saya harus :
1. Menjadikan ibadah saya hidup dan bersambung dengan Allah (SWT)
2. Menjadikan ibadah saya khusyu’
3. Beribadah dengan hati yang penuh kesadaran dan menjauhkan pikiran tentang kesibukan dunia dan problematika yang ada di sekitarnya
4. Tidak pernah merasa puas dan kenyang dalam beribadah
5. Memelihara qiyamullail dan melatih diri agar terbiasa melakukannya (Q.S. Al-Muzzammil : 6, Adz-Dzariyat 17-18, As-Sajadah : 16)
6. Mempunyai waktu khusus untuk mengkaji dan merenungkan Al-Qur’an terutama di waktu subuh (Al-Isra’ : 78, Al-Hasyr : 21)
7. Menjadikan do’a sebagai mi’roj kepada Allah (SWT) dalam setiap urusan

Saya Harus Mengislamkan Akhlak Saya
Akhlak mulia adalah tujuan asasi dari risalah islamiyyah. Akhlak mulia harus dibuktikan dengan
perbuatan dan merupakan buah dari iman. Akhlak yang mulia terlahir dari ibadah. Di antara sifat-sifat penting yang harus dimiliki seseorang agar dapat mengislamkan akhlaknya adalah :
1. Bersikap wara’ dari segala hal yang syubhat
2. Menundukkan pandangan (Q.S. An-Nur : 30)
3. Menjaga lidah
4. Rasa malu
5. Lemah lembut dan sabar (Q.S Asy-Syura : 43, Al-Hijr : 85, As-Shad : 10, An-Nur 22, Al-Furqon : 63)
6. Jujur
7. Tawadhu’
8. Menjauhi prasangka, ghibah, dan mencari-cari aib orang islam
9. Murah hati dan dermawan
10. Qudwah hasanah

Saya Harus Mengislamkan Rumah Tangga Dan Keluarga Saya

Tidak cukup menjadi muslim sendirian, tanpa perdulu terhadap orang sekitar. Karena di antara ajaran islam, yang ingin ditanamkan pada jiwa manusia adalah sikap perduli, berda’wah, menasihati dan ghiroh terhadap orang lain. Untuk membentuk rumah tangga yang islami mamak hal yang perlu dilakukan antara lain :
1. Pernikahan yang saya lakukan harus karena Allah (SWT) (Q.S. Ali-Imran : 34)
2. Hendaknya tujuan pernikahan adalah untuk menjaga pandangan , memelihara kemaluan, dan bertakwa kepada Allah (SWT)
3. Saya harus pandai-pandai memilih pasangan
4. Saya harus memilih pasangan yang memiliki akhlak dan din yang baik
5. Saya tidak boleh menyalahi perintah Allah (SWT) dalam masalah ini dan saya harus takut pada murka Allah (SWT)
Setelah menikah, yang harus saya lakukan adalah :
1. Saya harus bersikap baik dan hormat kepadanya dalam pergaulan agar tercipta suasana saling percaya
2. Jangan hendaknya hubungan saya dengannya hanya sebatas hubungan biologis, tapi juga hubungan fikroh, mentalitas serta emosi (Thaha : 132, Maryam : 55)

Tanggung jawab mendidik anak juga harus kita islamkan agar anak memiliki mentalitas dan fikriyah yang kuat sehingga akan membentuk suatu keluarga yang islami.
Saya Harus Mengalahkan Hawa Nafsu

Manusia senantiasa bertarung dengan hawa nafsunya, sampai ia mengalahkannya atau hawa nafsu yang mengalahkannya, atau terus berlangsung sampai maut menjemput.

Tonggak-tonggak kemenangan dalam melawan hawa nafsu :
1. Hati, selama ia hidup, sadar, bersih, tegar, dan bersinar (Q.S. Al-Anfal : 2, Al-Haj : 47, Muhammad : 24)
2. Akal, selama ia dapat memandang, memahami, membedakan, dan menyerap ilmu yang dengannya dapat mendekatkan diri dengan Allah (SWT) (Q.S. Fathir : 28).
Manakala hati manusia mati atau membatu, manakala akalnya padam, semakin banyaklah pintu syetan masuk ke dalam dirinya. (Q.S. Al-Mujadilah : 19), yaitu penyakit was-was yang dapat menghalang-halangi kita di jalan Allah (SWT).

Hal-hal yang dapat membentengi diri dari syetan :
1. Menjauhi kekenyangan dan makan yang kelewat batas
2. Membaca Al-Qur’an, dzikrullah, dan istighfar
3. Membuang jauh sifat terburu nafsu dan bersikap tenang terhadap keadaan apapun

Saya Harus Yakin Bahwa Hari Esok Milik Islam

Saya harus yakin bahwa hari esok adalah milik islam dan islam harus menjadi satu-satunya manhaj yang dapat memimpin dan membimbing manusia ke jalan yang benar. Kita juga harus yakin bahwa produk manusia memiliki kekurangan, dan hanya islam yang mampu mengatur seluruh aspek kehidupan sehingga islam harus menjadi agama yang rahmatan lil ‘alamin. Islam merupakan manhaj yang tunggal, integral, mondial, fleksibel, dan robbaniyah sehingga islam akan mampu mengatur kehidupan umat manusia. Keyakinan saya didorong oleh beberapa hal :
1. Rabbaniyah Manhaj Islam

Manhaj Islam yang bercorak ketuhanan adalah suatu sibghah (konsep agama) yang menjadikannya terdepan dibandingkan dengan seluruh sistem positif produk manusia dan memiliki spesifikasi unik untuk tetap bertahan dan memberikan manfaat di setiap zaman, tempat, dan di kawasan mana pun.

2. Universalitas manhaj Islam

Merupakan perwujudan warna humanisme, konkretisasi dari warna keterbukaan dan kemampuan untuk memikul tanggungjawab keterbukaan ini. Warna ini menjadikannya meninggalkan sentimen sempit terhadap ras, nasionalisme, gender, atau keturunan.

3. Elastisitas Manhaj Islam

Yaitu warna yang memberinya kemampuan untuk menampung segala problema kehidupan yang berubah-ubah, bervariasi, dan bermacam-macam. Warna yang melapangkan tempat untuk berijtihad dalam menyimpulkan hukum-hukum berkenaan dengan masalah-masalah yang tidak ada nashnya, melalui metode qiyas atau mempertimbangkan mashlahah mursalah, istihsan, dan argumen lain yang diakui syara’

4. Kelengkapan manhaj Islam

Yaitu warna yang membedakannya dari sistem “bumi” serta tatanan-tatanan buatan lainnya yang memiliki tujuan terbatas. Manhaj Islam adalah sistem yang diberikan oleh Al-’Alim dan Al=Khabir, yaitu Allah (SWT) Yang Mahatahu segala urusan manusia, apa saja yang dibutuhkan manusia, apa saja yang merupakan maslahat manusia, dan sebagainya.
5. Keterbatasan Sistem-sistem “wadh’iyah” (buatan manusia)
Sistem buatan manusia memiliki banyak keterbatasan dalam tataran aplikatifnya.
di ambil dari buku : Komitmen Muslim Sejati [ FATIYAKAN]